Info >>

iden

FLS2N 2021: Apresiasi Walikota Bogor atas “Medali Emas Musik Tradisional SMP Negeri 1 Bogor” Pantik Semangat Berkesenian di Tengah Pandemi Covid-19

SMPN1BOGOR.CO.ID, BOGOR—Walikota Bogor Bima Arya melakukan kunjungan ke SMP Negeri 1 Bogor siang ini, Sabtu (7/10) dalam rangka mengapresiasi kesuksesan tim Musik Tradisional SMP Negeri 1 Bogor di tingkat Nasional. Sebagaimana SK Kepala Pusat Prestasi Nasional, Sekjen Kementrian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 1866/J3/DM.01.03/2021 Tanggal: 4 September 2021, Tim Musik Tradisional SMP Negeri 1 Bogor selaku perwakilan dari Provinsi Jawa Barat, bersama dengan sembilan provinsi lainnya di Indonesia, berhasil menyabet medali emas dalam ajang FLS2N tahun ini.

Tentu saja keberhasilan ini menjadi kebanggaan, bukan saja bagi warga Kota Bogor, melainkan juga Provinsi Jawa Barat, bahkan menjadi kebanggaan Indonesia. Kesuksesan ini pun membuktikan bahwa siswa SMP Negeri 1 Bogor tetap bersemangat berkarya dan berinovasi di tengah pandemi covid-19 ini. Di bawah kepemimpinan Bapak H. Warsadi, M.Pd., SMP Negeri 1 semakin giat mencetak prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Sebagai apresiasi karena telah mengharumkan nama Kota Bogor di kancah nasional, Walikota Bogor Bima Arya memberi piagam penghargaan kepada para pemain berprestasi: Arya Patih Dwideyananda, Faza Arkanza, Nadya Asatiril, Anastasia Aqila, dan Aisyah Radhia. Penghargaan juga diberikan kepada pelatih Pak Ade Suwarsa, dan kepada tim guru Seni Budaya SMP negeri 1 Bogor yang diwakili oleh Bu Sri Harsini sebagai guru pendamping. Tak lupa beliau sampaikan pula rasa terima kasih kepada para orang tua siswa dan komite sekolah yang telah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan mutu di SMP Negeri 1 Bogor. Melalui apresiasi ini diharapkan dapat memantik semangat para siswa, guru, dan orang tua untuk tidak pernah merasa lelah menemukan dan mengasah talenta-talenta generasi muda yang akan memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan bangsa Indonesia.

FLS2N tahun ini mengangkat tema “Seni Pulihkan Negeri”. Melalui tema ini diharapkan mampu memantik semangat tanpa lelah para siswa untuk terus berjuang dan terus berdiri tegak menghadapi covid-19 dengan berkesenian. Demikian terang Sesjen Suharti dalam sambutan pembukaan FLS2N 2021 (31/8/2021). Semangat perjuangan ini dituangkan dalam Musik Tradisional SMP Negeri 1 Bogor dengan tema “Hariring Sang Pahlawan Bandung Kidul”. Pertunjukkan menampilkan peristiwa heroik yang terjadi di Bandung Selatan 23 Maret 1946. Seorang tokoh bernama Muhammad Toha dengan berani mengorbankan jiwa raganya sebagai bentuk perlawanan penjajah dalam peristiwa “Bandung Lautan Api”. Cerita kepahlawanan tersebut dijadikan kutipan nada-nada dalam kreasi musik dan sekar yang harmonis dengan mengeksplorasi karakteristik dari bunyi musik bambu, dipadu dengan waditra bedug tunggung kawung yang menghentak.

“Penampilan yang sangat luar biasa.” puji Walikota Bima Arya. Beliau bahkan mengundang secara khusus tim Mustra SMP Negeri 1 Bogor untuk manggung dalam acara kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) awal Desember mendatang. “Saya ingin memamerkan mereka kepada tamu-tamu dari seluruh Indonesia.” ungkapnya lagi. Sebagai alumni SMP Negeri 1 Bogor, beliau merasa bangga pernah menjadi bagian dari sekolah ini.

Tidak hanya sampai di sini, kesuksesan tim FLS2N SMP Negeri 1 Bogor ini pun diraih oleh cabang lomba duet gitar (juara III) dan desain poster (Juara VI) di tingkat provinsi. Adapun di tingkat Kota Bogor, tim FLS2N SMP Negeri 1 Bogor ini berhasil meloloskan semua cabang lomba ke tingkat provinsi. Semua pihak berharap di tahun mendatang tim FLS2N SMP Negeri 1 Bogor dapat berprestasi lebih baik lagi. Bagaimana pun, tak ada perjuangan yang memungkiri hasil.

“Selamat kepada Ananda yang terus berprestasi di tengah pandemi ini.” Semoga Allah SWT memberikan keberkahan pada setiap pencapaian kita. Aaminn YRA.

 

SMP Negeri 1 Kota Bogor Sekolah Bertaraf Internasional.

Jl. Ir. H. Juanda No. 16, Kota Bogor, Jawa Barat

(0251) 8321397

spensa@smpn1-bogor.sch.id