Info >>

iden

Produktif di Kala Pandemi

Siapa yang tidak kenal dengan Ibu guru yang satu ini. Warga SMPN 1 Bogor pasti mengenalnya. Puluhan tahun sudah mengabdi dan membersamai kemajuan SMPN 1 Bogor. Iya, Bu Enggin Rianingsih namanya. Beliau lahir di Kota Udang pada tanggal 20 April 1964.

Menurut Bunda sapaan hangat ibu guru yang sangat keibuan ini, “Pandemi bukan halangan untuk tetap berkarya!” Oleh sebab itu, selama pandemi, Beliau memanfaatkan waktu luangnya untuk menulis. Hasil tulisannya sudah banyak yang dibukukan. Alhasil tulisan penanya menghiasi khazanah buku cerita anak.

Beberapa buku yang diterbitkan adalah hasil kolaborasi Beliau dengan penulis lain, antara lain,  antologi cerita anak berjudul: Aku Sayang Ibu, Cita-Citaku, Ayah Inspirasiku, Kiat  Jitu untuk Anak Hebat. Aku Sayang Ayah, Aku Rajin Shalat dan Berdoa, Cerita Manis Bersama Kakek dan Nenek, Fabel Pembentukan Karakter, Aku Suka Belajar, Berbagi, dan Bersyukur, Berani Meraih Mimpi. Selain cerita anak, Ibu Enggin juga menulis antologi buku puisi yang berjudul Sonian di Laut Kata bersama penulis lain yang tergabung dalam Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat (KPPJB).

Sebagai guru bahasa Indonesia, kegiatan menulis memang  meruapakan kegiata yang sangat disukainya. Hal ini sangat mendukung proses kreatif Beliau dalam menulis. Ibu guru yang sangat senang haiking, berkebun, dan bersepeda ini selalu memotivasi rekan kerjanya untuk terus berliterasi. Hal ini bisa dijadikan teladan untuk anak didiknya  agar senantiasa juga menyenangi dunia literasi. Kesabaran merupakan Kiat Jitu dalam menghadapi berbagai Masalah itulah Motto Bunda dalam menjalani kehidupan ini. Menurutnya juga, pandemi bukan halangan untuk terus berkarya.  Demikian pesan bunda untuk kita, warga SMPN 1 khususnya.

 

SMP Negeri 1 Kota Bogor Sekolah Bertaraf Internasional.

Jl. Ir. H. Juanda No. 16, Kota Bogor, Jawa Barat

(0251) 8321397

spensa@smpn1-bogor.sch.id