TEACHERS BLOG

Bahasaku "semakin Tergerus"

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia, sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945 pasal 36. Selain itu bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa, sebagaimana disiratkan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 yang berbunyi “Kami berbahasa satu, bahasa Indonesia”. Meski demikian, hanya sebagian kecil dari penduduk Indonesia yang benar-benar menggunakannya sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan.

Apalagi dalam dunia pendidikan, bahasa Indonesia sudah dikesampingkan penggunaannya sebagai pengantar di setiap proses belajar mengajar. Di sekolah-sekolah yang bertaraf internasional, para pengajar lebih mengutamakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar dalam pemberian materi. Jadi tidak salah jika generasi muda saat ini lebih bangga menggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari dan lambat laun akan melupakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu dan bahasa persatuan. Karena pola pikir mereka secara perlahan akan berubah bahwa bahasa asing lebih penting untuk dipelajari dibandingkan dengan bahasa Indonesia sendiri yang sudah menjadi identitas bangsa Indonesia. Hal ini tentu memunculkan kekhawatiran akan eksistensi bahasa Indonesia dari segi pendidikan.

Demikian besar pentingnya penerapan bahasa Indonesia sebagai pengantar dalam pendidikan pada khusunya, baik pendidikan formal maupun informal guna mengembangkan ilmu pengetahuan pada umunya. Dan apabila hal ini masih dianggap sebagai masalah biasa oleh para tenaga kependidikan maka akan berdampak pada identitas bangsa Indonesia sendiri. Karena pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam memajukan bangsa Indonesia, sehingga penulis tertarik untuk melakukan pengkajian tentang “Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pengantar dalam Dunia Pendidikan”..

Sambutan Kepala Sekolah

Bismillah hirrahmanirrahim, Assalamu Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

 

Pada kesempatan ini saya ingin sampaikan beberapa informasi tentang SMP Negeri 1 Bogor, diawali dengan history secara singkat bahwa SMP Negeri 1 Bogor secara lembaga sebetulnya sudah ada sejak zaman belanda yaitu pada tahun 1898 dengan nama MULO dan pada tahun 2004 dinyatakan sebagai Sekolah Standar Nasional atau SSN, nah dari situ SMP Negeri 1 Bogor mengembangkan diri menjadi Sekolah Bertaraf Internasional.


SMPN 1 Kota Bogor merupakan salah satu sekolah negeri terfavorit di Kota Bogor, juga dijadikan Sekolah Rujukan dan Sekolah Model Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), memiliki program dalam mendidik peserta didik untuk dapat tetap unggul dan berkarakter. Oleh karena itu kami berupaya bekerja sama dengan komite dan semua pihak agar penerapan yang sudah baik ini bisa dipertahankan. Untuk itulah kami sampaikan harapan kepada semua pihak baik pada guru, pendidik dan tenaga kependidikan, komite, para orang tua, pemerintah daerah, dinas pendidikan kota, provinsi dan kementrian pendidikan dan kebudayaan nasional agar terus memberikan dukungan secara moril maupun materil sehingga SMP Negeri 1 Bogor tetap menjadi yang terbaik, bukan hanya di kota bogor tetapi kami ingin yang terbaik secara nasional.


Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta teknologi transportasi menyebabkan dunia menjadi semakin cepat. Migrasi manusia pada saat ini dari satu tempat ke tempat lain dapat bergerak masal dalam waktu yang singkat. Kontak manusia berkembang dalam dunia tanpa batas. Setiap negara membangun daya saing untuk mewujudkan keunggulan sumber daya manusia pada persaingan kehidupan tingkat lokal, nasional, dan global.


Dengan adanya website ini, semoga menjadi sumber informasi dan komunikasi kepada orang tua peserta didik dan masyarakat umum  lainnya mengenai kegiatan-kegiatan yang ada di SMPN 1 Bogor, mulai dari prestasi yang dihasilkan, kegiatan pembiasaan, kegiatan ekstrakurikuler, dll. Dan apa yang menjadi harapan bersama untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di SMPN 1 Bogor sehingga menjadi yang terbaik, bukan hanya di kota bogor tetapi juga yang terbaik secara nasional dapat tercapai.


Demikian harapan kami, mudah-mudahan menjadi kenyataan. Bilahi Taufiq Wal Hidayah, Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

.